Sabtu, 17 Januari 2015

Tentang Nirvana

Standard
Oke,kali ini saya akan mereview band idola saya yaitu NIRVANA
Bagi yang tidak tahu,Nirvana adalah band yang memainkan lagu dari backsound blog saya sendiri yang berjudul Smells Like Teen Spirit :)

Sekilas tentang Nirvana



Ibu dari Kurt Cobain, Wendy Elizabeth, adalah seorang waitress dan ayahnya, Donald Leland Cobain, adalah seorang montir. 

Kurt Cobain memang berasal dari keluarga yang memiliki darah musik cukup kental. Pamannya, Chuck Fradenburg, adalah personil band The Beachcombers, bibinya, Mari Earle adalah seorang pemain gitar, dan paman kesayangan Cobain, Delbert, adalah seorang penyanyi tenor dan pernah muncul di film 'King of Jazz' pada tahun 1930. 

Saat masih kecil, Cobain gemar menggambar karakter-karakter kartun. Kamarnya dipenuhi oleh gambar-gambar Donald Duck, Mickey Mouse dan Aquaman. 

Ketika kecil, Kurt Cobain sangat terpengaruh oleh The Beatles. Bahkan Cobain sudah bisa menyanyikan lagu 'Hey Jude' ketika masih berumur 2 tahun. 

Setelah orang tuanya bercerai, Cobain mulai suka menindas teman-teman di sekolahnya. Akhirnya ayah dan ibu tirinya membawanya ke ahli terapi, dan disimpulkan bahwa Cobain hanya bisa tinggal dengan satu orang tua saja. Akhirnya ibu kandung Cobain memberikan hak asuhnya kepada ayah Cobain. 

Ketika Cobain semakin sering memberontak kepada ayahnya, ia dipindahkan untuk tinggal bersama teman keluarganya yang menganut agama Kristen. Cobain menjadi taat beribadah dan rajin pergi ke gereja. Namun ia meninggalkan agamanya dan menjadi Buddha di tahun kemudian.

Kurt Cobain sangat membenci olahraga, tapi ayahnya memaksanya untuk bergabung dengan tim gulat dan baseball di sekolahnya.

Cobain pernah di cap sebagai gay gara-gara ia berteman dengan seorang gay disekolahnya. 

Dua minggu sebelum hari kelulusan di sekolahnya, Cobain belum memenuhi persyaratan untuk lulus. Ibunya mengancam akan mengusirnya  jika ia tidak bisa mendapatkan pekerjaan. Setelah seminggu, Cobain  pun mengemas barang-barangnya dan pergi untuk tinggal bersama temannya.

Tracy Marander, kekasih Kurt Cobain ketika muda mengaku frustasi setelah banyak membantu Cobain dari segi finansial dan tidak berhasil membujuk Cobain untuk mencari pekerjaan. Sampai akhirnya ia merasa tersentuh ketika mengetahui bahwa lagu 'About A Girl' adalah didediksikan untuknya. Ironisnya, Marander baru mengetahui itu setelah Cobain meninggal. 

Judul "Smells Like Teen Spirit" diambil dari sebuah obrolan antara Cobain dengan temannya, Kathleen Hanna. Kathleen menuliskan tulisan 'Kurt Smells Like Teen Spirit' di tembok apartemennya. Teen Spirit adalah merk deodoran yang dipakai oleh kekasih Cobain.

Cobain bertemu dengan Novoselic di sekolah saat mereka SMA. Kurt ingin merintis band bersama Novoselic, lalu ia memberikan demo bandnya yang bernama Fecal Matter kepada Novoselic. Butuh waktu 3 tahun bagi Novoselic untuk mempertimbangkan dan akhirnya ia setuju untuk bergabung dengan band tersebut.

Cobain dan Novoselic merekrut Bob McFadden untuk bermain drum, tapi Bob hanya bertahan sebulan. Akhirnya posisi Bob digantikan oleh Aaron Buckhard. Dengan formasi itu, mereka banyak membawakan lagu-lagu dari Skid Row, Pen Cap Chew, Bliss dan Ted Ed Fred.

Nama Nirvana diambil karena Cobain menginginkan sebuah nama band indah dan bagus, bukan seperti nama-nama punk rock.

Pada tahun 1991, ketika Cobain ditanya mengenai apa lagu favoritnya, Cobain menjawab dengan menyanyikan lagu "There's No Other Way"-nya Blur. 

Saat audisi untuk mencari posisi drummer, hanya membutuhkan waktu 2 menit untuk mengetahui bahwa Dave Grohl adalah drummer yang tepat untuk Nirvana.

MTV tidak mengizinkan Nirvana memainkan lagu "Rape Me" pada acara VMA tahun 1992. 

Nirvana menolak tawaran untuk tur dengan Guns & Roses dan U2 dan kemudian membatalkan konser di Lollapalooza tahun 1994, tepat sebelum kematian Kurt.

Setelah Nirvana tampil pada MTV Video Music Awards 1992, Cobain meludahi piano yang ia pikir akan dipakai oleh Axl Rose. Namun ternyata pioano tersebut dipakai oleh Elton John.

Cobain memiliki beberapa binatang peliharan, yaitu seekor tikus bernama Kitty, kucing bernama Melvin dan beberapa ekor kura-kura.Kirt Cobain pernah menulis lagu berjudul "Aero Zeppelin" sebagai bentuk penghargaan kepada Led Zeppelin dan Aerosmith. Lagu tersebut direkam tahun 1988 dan baru dirilis pada tahun 1992 lewat album kompilasi Nirvana yang bertajuk 'Incesticide'.

Courtney Love dan Kurt Cobain menikah pada 24 Februari 1992 di Waikiki Beach, Hawaii. Courtney mengenakan gaun satin yang sama dengan milik aktris Frances Farmer, sedangkan Kurt mengenakan piyama berwarna hijau.

Kurt Cobain memiliki penyakit bronkitis kronis, nyeri perut dan kondisi lambung yang tidak terdiagnosis. Sepupunya mengungkapkan bahwa Cobain didiagnosa mengidap ADD ketika masih kecil, dan gangguan bipoar saat ia sudah dewasa. 

Foto bayi dalam air yang menjadi cover album 'Nevermind' terinspirasi dari proses kehamilan dalam air yang ditonton oleh Cobain pada salah satu acara televisi. 



Sumber : http://flockmusic.blogspot.com/2011/12/22-fakta-tentang-nirvana.html?

terima kasih 

11 komentar: