Senin, 19 Januari 2015

Kandungan yang Tersirat dari lagu The Spirit Carries On oleh Dream Theater

Standard
Hai sobat celana sobek :v

Kali ini saya akan me review lagu dari Dream Theater yang berjudul The Spirit Carries On, bagi yang gak tau lagunya bisa di cek di playlist blog saya :)

Cekidott

Light After Death
Buat penggemar Dream Theater atau (mungkin) John Petrucci pasti tau lagu ini. Atau yang bukan penggemar juga mungkin udah banyak yang tau, dari mulai pertama kali cuma asal nyetel, trus dengerin kedua kali, ketiga kali, trus mulai notice sama lirik lagunya, apalagi pas bait “I used to be frightened of dying, I used to think death was the end“, buat yang udah duluan ngerti pasti langsung On sama judul lagunya Spirit Carries On.
Lagu ini pertama kali gue denger waktu kuliah, jadi pas di kosan temen gue nyalain komputer n muter ini lagu, trus di save di komputer gue. Karena ni lagu melody-nya ajib (Petrucci), abis doi pulang gue puter ulang ni lagu, kebiasaan gue kalo ada lagu baru dan enak pasti gue setel berulang-ulang, maklum jaman dulu internet masih belum kayak sekarang, jadi file2 multimedia hiburan updatenya sebulan sekali kalo temen gue balik dari rumahnya, refresh harddisk coy!
Dari melody yang asik akhirnya gue dengerin deh tuh lirik ini lagu keseluruhan, karena linggis gue pas2an jadi belum dapet sampe detilnya, tapi secara garis besar liriknya ini udah bikin gue kaget, kok bisa Dream Theater bikin lagu kek gini, dan kalo musisi bikin lagu itu kudu udah pernah ngalamin atau pengalaman orang lain yang ditulis ulang tapi harus paham bener pengalaman orang tersebut.
Dah, itu preamblenya gue pertama kali kenal ni lagu, lama setelah itu (sekitar 5 atau 6 taun atau tepatnya pagi ini di kantor) tiba-tiba gue kepikiran ini lagu dan pengen denger lagi. Akhirnya nyampe kantor langsung buka yusup n setel deh ini lagu, tapi sambil gue buka juga liriknya biar lebih afdol. Nah ternyata ini lagu itu mewakili Nicholas dan Victoria, pertama kali gue kira Nicholas itu nama vokalisnya Dream Theater dan Victoria itu beking vokalnya b-( =)) Ga taunya lagu ini adalah chapter dari kisah Nicholas dan Victoria, dimana ceritanya itu Nicholas adalah pria yang hidup tahun 1999 (sekarang), ia sering bermimpi tentang Victoria yang hidup di Tahun 1928. Jadi singkat cerita si Nicholas ngerasa kalo Victoria ini adalah kepribadian dirinya yang lain (kepribadian ganda), untuk itu Nicholas dateng ke seorang hipnoterapis buat nelusurin lebih jauh tentang Victoria ini. Langsung aja deh gue coba bongkar lirik Spirit Carries On secara singkat dari perspektif gue pribadi.
Where did we come from?
Why are we here?
Where do we go when we die?
What lies beyond?
And what lay before?
Is anything certain in life?
Bait2 diatas menceritakan awalnya, Nicholas yang mempertanyakan tentang dirinya di dunia ini sebelum dan setelah, apa yang ada jauh di luar sana, dan apakah segala yang ada di kehidupan ini nyata atau benar2?
They say, “life is too short,”
“the here and the now”
And “you’re only given one shot”
Mereka (kebanyakan orang) bilang kalau hidup ini sangat singkat, hanya saat ini, dan lo cuma punya 1 kali kesempatan.
But could there be more,
Have I lived before,
Or could this be all that we’ve got?
Tapi Nicholas ga gitu aja terima sama perkataan banyak orang tentang hidup yang hanya sekali, dia mempertanyakan apa ada lagi setelah ini, apa saya sebelumnya pernah hidup di dunia ini?
Move on, be brave
Don’t weep at my grave
Because I am no longer here
But please never let
Your memory of me disappear
Victoria berkata (menghentak) kepada Nicholas agar jangan meratapi kehidupan di masa sebelumnya, akan tetapi gunakan memori pada kehidupan sebelumnya sebagai pengingat sesekali untuk kehidupan yang sekarang.
I used to be frightened of dying
I used to think death was the end
But that was before
I’m not scared anymore
I know that my soul will transcend
Setelah mendengarkan (menerima) pencerahan dari Victoria, akhirnya sedikit demi sedikit Nicholas mulai bergerak untuk mencari dan memahami siklus kehidupan ini.
I may never find all the answers
I may never understand why
I may never prove
What I know to be true
But I know that I still have to try
Setelah pencarian yang panjang, akhirnya Nicholas telah seutuhnya menjadi seorang (hamba) yang sudah memasrahkan diri sepenuhnya kepada Sang Pemilik, Nicholas sudah dapat mengimplementasikan apa itu pasrah yang sesungguhnya di dalam hidup.
Safe in the light that surrounds me
Free of the fear and the pain
My questioning mind has helped me to find
The meaning in my life again
Victoria’s real
I finally feel
At peace with the girl in my dreams
And now that I’m here
It’s perfectly clear
I found out what all of this mean
Nicholas bercerita tentang keadaannya sekarang yang sudah hidup kembali dan mengerti arti hidup yang sebenarnya. Cahaya (kini) telah melingkupi kehidupan Nicholas, tak ada lagi rasa takut dan kesakitan, semua yang dikatakan oleh Victoria adalah benar adanya.
If I die tomorrow
I’d be allright
Because I believe
That after we’re gone
The spirit carries on
Tak ada lagi ketakutan akan kematian, Nicholas akan baik-baik saja jika esok hari ia dipanggil pulang, karena ia percaya kalau spirit (ruh) akan tetap abadi, seabadi Sang Pencipta.
Bait-bait lagu Spirit Carries On diatas agak gue agak acak2 urutannya, soalnya menurut gue ya begitu deh alur kisahnya Nicholas dan Victoria dari awal kebingungan sampai pencerahan dan akhirnya terlepas dari belenggu. Cerita diatas itu cuma rangkuman aja, soalnya full story dari Nicholas dan Victoria ada di album Metropolis Part.2 : Scene from A Memory, bakalan panjang kalo diceritain disini semua. Tapi sebelum gue akhiri tulisan kali ini, ada lagu lain dari album ini yang sedikit pengen gue senggol, Finally Free dan Fatal Tragedy. Sebelum lagu Finally Free dinyanyiin sama Dream Theater, ada seorang yang bacain semacam puisi atau apa gue ga ngerti deh, kalo di ceritanya ini si hipnoterapisnya Nicholas yang ngomong, begini:
You are once again surrounded by a brilliant white light. Allow the light to lead you away from your past and into this lifetime. As the light dissipates, you will slowly fade back into consciousness remembering all you have learned. When I tell you to open your eyes, you will return to the present, feeling peaceful and refreshed. Open your eyes, Nicholas.
Yang dikatakan sama hipnoterapis diatas aseli bikin gue merinding, dan klimaksnya gue merinding ketika dia bilang “Open your eyes, Nicholas“. Anyway pernah denger yang namanya Deja Vu? Itu berasal dari bahasa Perancis yang artinya pernah melihat, atau lebih luasnya pernah ngerasain, ngalamin, etc. Secara logika kalo kita “pernah” berarti kita ada act sebelumnya, tapi anehnya ketika kita review lagi act kita tentang hal tersebut kok ga ada / belum pernah. Berarti di kejadian tersebut pernah kita alami tetapi bukan di kehidupan yang sekarang, berarti sebelum kita hidup saat ini ada lagi kehidupan sebelumnya (dan sebelumnya). Persis seperti pertanyaan Nicholas di bait2 pertama lagu ini dan dijawab oleh si hipnoterapis dengan jawaban diatas. Senggol dikit 2 bait lagu Through Her Eyes di bawah ini tentang Deja Vu nya si Nicholas, kalo mau lengkapnya silakan dengerin lagu n cek liriknya ya.
I’m learning all about my life
By looking through her eyes
Berarti lagu Spirit Carries On itu secara kesimpulan adalah lo telah terlahir kembali secara sempurna (as human), dan dengan keterbatasan akal pikiran yang tidak bisa menjawab setiap pertanyaan (misteri), akhirnya lo pasrah dan setelah itu lo baru bisa mendapatkan pencerahan, dan pada akhirnya lo akan bebas sebebas-bebasnya.
Without love
Without truth
There can be no turning back
Without faith
Without hope
There can be no peace of mind
Cuplikan lirik dari lagu Fatal Tragedy, tanpa cinta, tanpa kebenaran (cinta sejati) lo ga akan bisa kembali. Tanpa keyakinan dan harapan, pikiran tidak akan bisa tenang (hawa nafsu). Dan akhirnya kematian itu bukanlah menjadi sebuah kebebasan dari rasa takut dan kesakitan, akan tetapi kematian akan menjadi sebuah transisi (mengerikan) yang akan terus berulang.

Now it is time to see how you died. Remember that death is not the end but only a transition.
Source : http://bayusantoso.com/2013/02/04/arti-yang-tersirat-dari-spirit-carries-on-by-dream-theater#comment-157688 
Thanks Before and don't forget to leave a comment :)

7 komentar:

  1. Gan, mau curhat nih ini kejadian nyata yg saya alami sendiri 100% bukan hoax atau hanya cerita fiksi atau ngarang cerita dll, gk tau ini lagu hanya kebetulan atau lagu ini benar2 hidup.! Kejadianya pas tahun 2014 lalu saat saya tertidur sambil nyetel lagu ini kebetulan lagu ini pengantar tidur yg cocok jadi lagu ini saya putar ber ulang2 sampe tertidur entah mengapa saat itu saya bermimpi bahwa ada seseorang perempuan yg telah masuk di mimpiku selama 2 hari berturut2 dan cerita mempiku ini bermula saat saya seprti berjalan lurus tanpa ada ujung dan sisitulah saya bertemu dengan prempuan cantik itu tampilanya mamakai baju putih seperti memakai pakaian balet dan dia sangat bahagia melihat saya dan dia bilang pada saya bahwa disini dia sangat kesepian dia sangat lugu kita pun berjalan ber iringan di antara jalan yg tak berujung itu disitu aku mulai terbangun dan sadar dari mimpiku bahwa mimpi yg saya alami itu seakan nyata sekali sampe saya bisa mengambarkan atau menulis di note hp saya kejadian apa aja yg ada dalam mimpi saya dgn detailnya

    hari ke 2 itu saya mulai tidur lagi dan di temani lagu yg sama dan ternyata saya bermimpi lagi seperti mimpi itu terulang kembali seprti hari pertama tapi ini lebih lama dan terkhir saya di bawa ke taman bunga dia sangat menikmatinya hingga akhirnya dia mulai duduk berdampingan denganku sambil menatap matahari yg terbenam bersamaku dan dia melihat kepadaku dgn wajah tersenyum dan iya berbicara lagi "aku kespian" saat matahari terbenam saat itu pula iya semakin memudar dan akhirnya menghilang dan aku pun terbangun juga dari tidurku yg saya kagetkan itu saat terbangun dari mimpiku adalah air mata sudah membasahi wajahku begitu saja sepertinya di dalam hati kecilku itu gk mau kehilangan dia sunggu itu kejadian yg gk pernah saya lupakan sangat emosional banget seperti lagu ini benar hidup dan hari 3 pun saya berusaha untuk bermimpi lagi dgn harpan bisa bertemu denganya tapi nyatanya mimpi itu hilang untuk selamnya dan mungkin tidak terluang lagi, sakit hati rasanya lebih sakit dari pada di tinggalkan mantan.

    2 tahun berlalu tepatnya 2016 ketemu lagi lagu ini serasa bernostalgia kembali maklum 2 tahun itu juga saya sibuk jarang dengarin lagu gk kaya biasanya klo tidur pasti denger lagu nah di situlah iseng2 buka lirik lagu itu....senguh mengejutkan liriknya penuh makna dan selama itu saya dengar lagu itu tidak tahu arti dari lirik tersebut jujur saya gk ngerti bahasa inggris yg ada saya hanya pendengar setia lagu itu hingga saya kepoin sejarah lagu itu....dan saya sangat2 terkejut lagi.... bagaimana bisa kisah lagu ini mirip banget dengan mimpi saya 2 tahun yg lalu sedangkan dulu, saya tidak pernah tau kisah di balik lagu ini baru terbongkar pada tahun 2016 apakah benar saya baru saja bertemu dengan victoria????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan Khawatir Gan,Mungkin ente akan bertemu denganya suatu saat nanti entah di alam mana .. karena kehidupan di dunia ini Hanya sementara Kehidupan abadi Lagi nunggu kita di sana.. entah caranya bagaimana untuk mendapatkan kebahagiaan surga .. Ente hanya perlu Menjalankan apa yg di perintahkan dan menjahui Apa yg di larang sama Sang pencipta.

      Hapus
  2. Saya bercerita seprti ini karan saya mengalaminya sendiri...sampe sekarang wanita itu masih terbayang di fikiranku sulit untuk melupakanya :'(

    BalasHapus
  3. mantab ulasan lagunya om.. saya sangat senang dengan ulasan ini. terima kasih.

    monggo mampir juga di situs download lagu mp3

    BalasHapus
  4. Lagunya sedih banget, sangat menyentuh hati bilang di hayati

    BalasHapus
  5. penjelasan yg cukup sufistik :)

    BalasHapus